Desain Gorden Ruang Tamu

Merencanakan desain gorden untuk ruang tamu melibatkan beberapa langkah strategis agar Anda dapat menciptakan tampilan yang harmonis dan sesuai dengan gaya serta kebutuhan ruangan Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!
desain gorden ruang tamu
desain gorden ruang tamu

Tentukan Tujuan dan Kebutuhan

Pertama-tama, tentukan tujuan utama Anda dalam merencanakan gorden untuk ruang tamu. Apakah Anda ingin mengontrol cahaya matahari, menciptakan privasi, atau menambahkan elemen dekoratif? Identifikasi kebutuhan utama Anda agar dapat merancang gorden dengan tepat.

Pilih Jenis Gorden

Berdasarkan tujuan dan kebutuhan Anda, pilih jenis gorden yang sesuai. Apakah Anda membutuhkan gorden blackout untuk menghalangi cahaya atau gorden sheer (tipis) untuk menciptakan tampilan yang lebih lembut? Pertimbangkan pula bahan gorden yang akan Anda gunakan.

Warna dan Pola

Pilih warna dan pola gorden yang cocok dengan palet warna dan gaya dekorasi ruang tamu Anda. Anda dapat memilih gorden yang serasi dengan warna dinding, furnitur, dan aksesori lainnya. Pastikan warna dan polanya juga menciptakan suasana yang diinginkan, seperti ceria, elegan, atau tenang.

Ukuran dan Panjang

Ukur dengan teliti jendela atau pintu yang akan diberi gorden. Tentukan apakah Anda ingin gorden mencapai lantai atau hanya sebatas jendela. Gorden yang menyentuh lantai sering kali memberikan tampilan yang lebih mewah.

baca juga : Tips Memilih Jenis Kain Gorden

Tips Memilih Jenis Kain Gorden

Desain dan Detail

Pertimbangkan desain dan detail tambahan pada gorden, seperti pita hias, pemberat, atau aksen lainnya. Juga, perhatikan bagian atas gorden apakah Anda ingin menggunakan tali gorden, gantungan, atau rel gorden.

Layering dan Kombinasi

Pertimbangkan untuk menggabungkan gorden dengan jenis lain, seperti gorden sheer di belakang gorden utama. Ini dapat memberikan fleksibilitas dalam mengatur cahaya dan menciptakan tampilan yang lebih menarik.

Konsistensi

Jika ruang tamu Anda terhubung dengan area lain, pertimbangkan konsistensi desain dengan menggunakan warna atau motif yang sama pada gorden di ruang tamu dan area terkait.

Konsultasi Profesional

Jika Anda merasa kesulitan dalam merencanakan desain gorden atau ingin hasil yang lebih profesional, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang desainer interior. Mereka dapat membantu Anda memilih gorden yang tepat, mengatur pola dan warna, serta menciptakan tampilan yang sesuai dengan visi Anda.

Pengukuran dan Pemasangan

Setelah Anda memilih gorden yang sesuai, pastikan Anda melakukan pengukuran yang akurat untuk memastikan gorden cocok dengan jendela atau pintu. Selanjutnya, pasang gorden dengan rapi agar menciptakan tampilan yang estetis dan fungsional.

Perhatikan Keselarasan

Pastikan desain gorden selaras dengan gaya keseluruhan ruang tamu. Gorden harus melengkapi furnitur, dekorasi, dan elemen lainnya di ruangan.

Ingatlah bahwa merencanakan desain gorden adalah tentang menciptakan tampilan yang cocok dengan preferensi pribadi dan kebutuhan fungsional ruangan. Jangan ragu untuk berkreasi dan menciptakan suasana yang unik dalam ruang tamu Anda.

baca juga : Tipe Gorden

Gorden Surabaya Menjual Berbagai Tipe Gorden? Benarkah?

Yumindo – menyediakan segala jenis dan model Gorden untuk Rumah, Kantor dan tempat usaha anda.