Kain Gorden Populer, Bahan yang Indah, Awet dan Mewah

Kain Gorden Populer – Tirai adalah salah satu barang dekoratif yang membuat rumah Anda lebih indah atau mewah. Namun, tidak hanya satu bahan yang digunakan untuk menjahit gorden. Ada banyak jenis kain yang digunakan orang untuk dekorasi interior ini, dan apakah itu?

kain gorden populer

1. Gorden katun

Seperti yang Anda ketahui, kain katun memiliki banyak keunggulan luar biasa, sehingga banyak dipilih untuk menjahit semua jenis barang dekorasi interior, termasuk gorden. Kain katun ditenun dari serat kapas murni yang berasal dari alam, sehingga menjamin kesehatan konsumen.

Bahan baku katun

Keunggulan

Kain katun sangat umum digunakan untuk menjahit gorden saat ini. Kain katun membantu gorden dijahit dengan banyak tekstur berbeda, tidak hanya gorden akan cepat kering setelah dibersihkan. Selain itu, mereka tidak menyerap panas, menghindari kasus membuat ruang perumahan kebalikan dari tirai yang memancarkan panas.

Biaya tirai katun tidak terlalu tinggi, sehingga banyak keluarga dapat memilih bahan ini untuk menghias rumah mereka.

Kelemahan

Kain katun memiliki kelemahan yaitu rambut mudah rontok setelah beberapa lama digunakan. Oleh karena itu, perlu untuk mengambil tindakan yang wajar untuk melestarikan gorden seperti tidak mencucinya dengan keras atau menggunakan deterjen yang kuat. Kapas juga sangat mudah kusut, sehingga setelah selesai dicuci harus dikocok kuat-kuat sebelum dikeringkan.

Di musim dingin, jika tidak perlu, Anda bisa mencucinya dan menyimpannya di tempat yang sejuk. Karena kelembaban musim dingin biasanya cukup tinggi, jika gorden terkena kotoran dan kelembaban tinggi, mudah menimbulkan fenomena jamur dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

kain gorden populer

2. Tirai linen (linen)

Linen juga merupakan bahan yang berasal dari alam, yaitu tanaman rami. Dengan proses produksi yang sangat rumit dan teliti, kain linen terasa nyaman dan enak untuk disentuh dan dirasakan di permukaan kain. Meskipun kain linen saat digunakan untuk menjahit gorden tidak menciptakan kemewahan seperti kain lainnya, namun bahan inilah yang membuat ruang menjadi sangat mewah dan memiliki keindahan halus yang sedikit berorientasi pada gaya Vintage. .

Keunggulan

Tirai linen memiliki banyak keunggulan seperti tidak sepenuhnya menghalangi sinar matahari, hal ini membantu ruang rumah tetap memiliki cahaya alami dan tidak membuat ruangan menjadi gelap. Selain itu, kain linen tidak memancarkan panas kembali ke ruang tamu, membuat ruangan terasa tidak nyaman.

Kainnya juga sangat ramah terhadap lingkungan dan kulit, terutama untuk keluarga dengan anak-anak, penggunaan linen untuk menjahit gorden akan sangat wajar. Kainnya juga mudah kering dan sangat antibakteri. Tirai linen memiliki masa pakai yang lama karena tahan lama.

Kelemahan

Kain yang benar-benar ditenun dari rami akan sangat mudah kusut. Oleh karena itu, saat menjahit gorden, ini merupakan kerugian besar karena membuat sulit untuk disetrika. Jika ada setrika uap genggam, akan lebih mudah untuk meluruskan permukaan kain, karena gorden memiliki area yang terlalu luas tidak seperti pakaian biasa.

Kain linen memiliki elastisitas yang rendah, sehingga hanya ada sedikit kerontokan alami pada gorden. Dan pengguna juga harus lebih berhati-hati dalam setiap pembersihan agar tidak menggunakan mode pemerasan yang terlalu kuat.

kain gorden populer

3. Tirai sutra

Kain sutra adalah salah satu kain paling mahal di dunia. Ditenun dari serat sutra asli, bahannya benar-benar terbuat dari alam dan melewati banyak tahapan rumit. Kain sutra memiliki kilap mengkilap yang membantu ruang menjadi jauh lebih besar dan lebih mewah saat digunakan sebagai gorden. Tidak hanya itu, kain sutra juga membantu rumah menjadi lebih berkelas.

Keunggulan

Kain sutra sangat tahan lama, sehingga tidak sayang untuk menghabiskan banyak uang untuk memiliki satu set gorden sutra. Kain sutra juga merupakan bahan yang mudah ditemukan di tanah air, sehingga berbagai jenis kain akan membantu Anda dengan mudah memilih satu set gorden yang memuaskan.

Selain itu, kainnya juga sangat cepat kering, menyerap kelembapan dengan baik, sehingga rumah menjadi lebih lapang. Dengan cahaya atau sinar matahari, sutra memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menerangi sehingga pantulan cahaya rumah Anda tidak sepenuhnya tertutup oleh gorden sehingga terlihat gelap.

Ada banyak jenis sutra yang indah untuk dipilih pelanggan seperti sutra polos atau sutra cetak. Garis tenun halus dari pengrajin tradisional telah menjadi lebih baik dan lebih baik, dalam menciptakan variasi dan pola mewah yang membuat tirai lebih istimewa.

Kelemahan

Sutra memiliki kelemahan terbesar adalah harganya, biayanya sedikit lebih mahal dari bahan lainnya. Dan ini juga merupakan bahan yang sangat kusut, sehingga sulit bagi manusia untuk membersihkannya.

kain gorden populer

4. Tirai poliester

Dapat dikatakan bahwa, selain kain yang berasal dari alam, kain poliester juga sangat populer, karena harganya yang murah dan beberapa keunggulan khusus lainnya. Meskipun kain poliester menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna, seperti rasa sesak atau kurang sejuk, ini adalah bahan yang ideal dipilih untuk menjahit gorden.

Keunggulan

Semua berasal dari bahan sintetis, sehingga gorden mewarisi beberapa keunggulan seperti daya tahan tinggi, daya rekat warna yang baik. Daya rekat warna yang tinggi membuat kain yang dibuat sangat beragam dan kaya, tidak hanya itu, tetapi juga membuat gorden memiliki masa pakai yang lama.

Kain menyerap air dengan sangat lambat, sehingga Anda dapat yakin untuk menggunakannya di musim dingin, ketika terlalu lembab, gorden tidak akan berjamur dan memiliki bau yang tidak sedap.

Kain poliester memiliki permukaan yang sedikit licin untuk membantu membatasi lapisan kotoran di permukaan. Jadi dalam pemakaian lama, jika kita tidak mencucinya, kita tidak akan merasa gordennya kotor karena partikel debu kecil yang menempel di udara. Keuntungan khusus lainnya adalah kain tidak kusut, meningkatkan permeabilitas rumah Anda.

Kelemahan

Tirai poliester umumnya tidak ramah lingkungan dan juga kulit sensitif Anda. Jadi ini adalah pertimbangan besar ketika memilih poliester di atas bahan lain.

Suhu yang terlalu tinggi juga menyebabkan kain menyerap banyak panas. Ketika matahari menyinari tirai untuk waktu yang lama, menyentuh tirai kain akan sangat panas, menyebabkan perasaan yang sangat tidak nyaman.

5. Tirai kanvas

Kanvas atau goni juga merupakan bahan gorden yang ideal. Permukaan kain yang sedikit kasar membuat gorden terlihat lebih istimewa dan mewah. Orang sering menggunakan tirai kanvas di ruang tamu dengan desain sederhana, vintage atau monokrom. Meski saat ini kanvas telah didesain dengan berbagai macam warna, namun masyarakat tetap lebih menyukai warna dasar kanvas yaitu putih gading.

Keuntungan

Kain kanvas terhadap sinar ultraviolet sangat cocok untuk membuat tirai di ruang tamu atau tempat-tempat di mana matahari bersinar dalam waktu yang lama. Tidak hanya itu, kain juga memiliki kemampuan menahan angin, membantu ruang rumah menjadi lebih hangat.

Kain ditenun dari serat rami, benar-benar alami, sehingga Anda dapat yakin bahwa mereka sangat aman untuk kulit Anda. Tidak hanya itu, kainnya juga sangat murah, jadi saat menjahit gorden benar-benar sangat wajar. Tahan luntur warna juga sangat baik untuk menjaga gorden tetap terlihat baru.

Keuntungan khusus dari kanvas adalah tahan air. Meskipun mereka masih menyerap air, mereka menyerap air dengan sangat lambat, yang mencegah kain menjadi berjamur di musim dingin.

Kelemahan

Kain biasanya sangat ringan, tetapi setelah diserap sepenuhnya, kain itu akan memiliki bobot yang sangat besar. Hal ini membuat sangat sulit bagi pengguna untuk membersihkan.

tirai beludru

6. Tirai beludru

Mengacu pada kain beludru mengacu pada kemewahan dan kemuliaan. Ruang hunian yang dihiasi dengan bahan halus ini mungkin lebih indah dari sebelumnya. Kain ditenun dengan erat dengan benang yang saling mengunci menciptakan film beludru yang halus dan mewah. Tirai beludru cocok di tempat-tempat seperti rumah mewah, istana atau aula.

Keuntungan

Kain beludru seringkali memiliki dua sisi yang terpisah, sehingga saat menjahit gorden akan mudah dibedakan dan juga lebih mudah dibersihkan. Kain beludru sangat tahan lama, tidak kusut dan tersedia dalam berbagai warna. Saat ini ada banyak warna tenun yang membuat gorden beludru lebih kaya.

Mampu menaungi matahari dan cahaya dengan sangat baik, tidak membuat pengguna tidak nyaman dengan suhu nyata di luar. Selain itu, gorden beludru juga kedap suara yang sangat baik, cocok untuk ruangan yang membutuhkan privasi atau ketenangan. Di musim dingin, beludru adalah bahan yang ideal untuk menahan angin agar rumah tetap hangat.

Kekurangan

Kerugian terbesar dari kain beludru adalah mudah kotor. Serat-serat kecil di permukaan sangat mudah ditangkap oleh partikel debu kecil di udara. Oleh karena itu, perlu dibersihkan secara rutin.

tirai brokat

7. Tirai brokat

Satu lagi bahan yang populer, mewah dan berkelas adalah kain brokat. Sebagai variasi dari sutra, tetapi kain brokat ditenun dengan pola yang detail dan terangkat di permukaannya. Harus ditegaskan bahwa kain brokat memiliki keindahan tradisional yang bercampur dengan modernitas. Namun semuanya memancarkan ruang yang berkelas dan nyaman.

Keuntungan

Kain brokat memiliki keunggulan yang sama dengan kain sutra yaitu ramah lingkungan, tidak menyebabkan iritasi kulit dan memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap sinar matahari. Dengan pola yang ditenun langsung di permukaan kain, tahan lama dan tidak luntur setelah lama digunakan.

Kain brokat juga merupakan salah satu bahan dengan daya serap cahaya yang sangat baik untuk membantu ruang rumah menjadi berkilau dan mewah.

Kelemahan

Kain brokat memiliki harga yang sangat mahal, sehingga tidak banyak keluarga yang memilihnya sebagai bahan gorden. Dengan kehalusan dan garis pola yang dijalin menjadi kain yang tidak biasa.