Gorden

Ketika kita kecil seringkali diminta orang tua untuk menutup gorden jendela kamar saat sudah malam. Namun pernah tidak terpikir mana yang benar, gorden atau gordyn? Jika diucapkan dengan menggunakan bahasa indonesia kedua kata tersebut mempunyai pengucapan yang sama. Nah, jadi mana yang benar nih?

Jika mengacu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata yang digunakan untuk mengacu kain penutup jendela, pintu atau sebagainya adalah gorden.  Selain kata gorden, menurut KBBI menggunakan kata korden sebagai padanan yang sama.

Lalu darimana muncul kata Gordyn? Gordyn adalah kata serapan dari bahasa Belanda yaitu “gordijn”Kata gordijn diserap menjadi gordyn karena dulu masih menggunakan bahasa indonesia ejaan lama. Penggunaan huruf j saat ejaan lama menjadi huruf sehingga kata belanda gordijn menjadi gordyn. Pengucapan huruf j menjadi huruf y sehingga lama kelamaan gordijn menjadi kata gordyn.  Hal ini berlaku untuk kata asing yang diserap ke bahasa indonesia, biasanya berdasarkan pengucapan.

Biasanya para orang tua kalian yang masih menggunakan kata gordyn karena memang kata tersebut populer pada masa mereka muda. Penggunaan kata gorden mulai ada ketika penggunaan bahasa ejaan yang disempurnakan (EYD) berlaku sampai sekarang. (disadur dari: https://blog.cakap.com/gordyn-apa-gorden/)

Gorden, sering dipakai sebagai kata yg menunjukkan tentang bahan kain yg berfungsi sebagai penutup jendela atau pintu. Selain berfungsi sebagai penutup jendela, Gorden juga berfungsi sebagai penahan sinar dari luar ruangan. Selain itu juga untuk menahan panas matahari dari luar. Bahkan ada survey yg menunjukkan dapat meningkatkan nilai efisiensi suatu ruangan terhadap panas dan pemakaian listrik akibat pemakaian AC atau Air Conditioner.

Untuk bahan kain Gorden yg dapat menahan panas sinar matahari secara lebih baik, biasa disebut sebagai Kain Gorden Black Out. Kain Gorden Black Out ini biasanya memiliki ketebalan lebih dari 500 GSM (Grams per Square Meters). Bahkan untuk kasus tertentu, kain gorden black out atau biasa disingkat kain Gorden BO, memiliki lapisan karet atau latex.

Gorden, selain memiliki ke tiga fungsi diatas, yang paling mendapat perhatian adalah fungsi yg ke-4, yaitu sebagai dekorasi ruangan. Dari fungsi yang ke-4 ini kemudian memunculkan banyak ide tentang model-model gorden yg cantik dan megah, selain juga model minimalis yg elegan. Semua itu tentang seberapa kreatif kita mengatur ruangan kita dengan nuansa apa yg kita inginkan.

Untuk tahu fungsi dan aplikasi gorden, silakan tanyakan kepada customer service kami di